Teluk Belongas, Tempat Diving Paling Ekstrem di Indonesia

Source : http://travel.detik.com/read/2012/09/18/172233/2024701/1383/teluk-belongas-tempat-diving-paling-ekstrem-di-indonesia

Oleh: Sri Anindiati Nursastri – detikTravel, Selasa, 18/09/2012 17:22 WIB

img

Spot diving paling ekstrem di dunia, dekat Teluk Belongas di Lombok (divezone-lombok.com)

  • gb
  • gb

Lombok – Bayangkan Anda diving ditemani kawanan hiu martil, ular laut, barakuda, juga hiu sirip hitam dan sirip putih. Pengalaman menyelam paling ekstrem di Indonesia ini bisa didapatkan di Teluk Belongas, Nusa Tenggara Barat.

Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyuguhkan kerajaan bawah laut yang beraneka warna. Perairan di sekitar Gili Trawangan misalnya, punya koral dan anemon yang dihuni ikan warna-warni. Tapi rupanya, Lombok punya satu sisi “gelap” yang hanya boleh didatangi diver profesional.

Spot itu berada di dekat Teluk Belongas, barat daya Pulau Lombok. Dari teluk cantik berpasir putih ini, Anda perlu melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kapal. Setelah melewati pulau mungil Gili Wayang, tibalah Anda di spot diving pertama: The Magnet.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikutip detikTravel, Selasa (18/9/2012), spot diving ini punya kedalaman sekitar 80 meter. Arusnya sangat kencang, apalagi setelah menyelam di kedalaman 15 meter. Seramnya lagi, para diver harus melewati arus kencang ini hingga kedalaman 20-25 meter untuk bertemu para “aktor” Teluk Belongas.

Jangankan satu, Anda akan menemukan kawanan hiu martil, hiu sirip hitam dan sirip putih, hiu karang, tuna, barakuda, juga mackerel. Bayangkan Anda dikelilingi ikan-ikan buas di kedalaman 30 meter!

Masih di sekitar Teluk Belongas, spot diving kedua disebut The Cathedral. Spot ini terletak di sebelah timur Belongas, dekat pulau mungil Gili Anak Ewok. Bisa dibilang, diving di Cathedral satu tingkat lebih sulit dibandingkan Magnet. Selain beragam hiu dan barakuda, terdapat juga kawanan ikan pari dan ular laut yang sangat banyak!

Para diver yang menyelam di Cathedral seringkali menemukan 15-20 ular laut dalam sekali penyelaman. Berbahaya? Tentu saja ya karena ular laut adalah salah satu hewan paling mematikan. Oleh karena itu, Cathedral dan Magnet adalah spot diving khusus profesional. Perlu sertifikat penyelam profesional untuk bisa merasakan pengalaman yang satu ini.

Kalau mau lihat kawanan hiu martil yang jadi primadona di kedua tempat ini, datanglah mulai Juni hingga November. Pada waktu-waktu ini, mungkin Anda akan melihat 20-30 hiu dalam sekali penyelaman. Bahkan lebih!